Upacara Penerjunan KKN UPGRIS di Desa Wonorejo, Kaliwungu 2019

 

Kendal – Selasa, 22 Januari 2019, sejumlah 17 mahasiswa dari Universitas PGRI Semarang telah melaksanakan upacara penerjunan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Wonorejo, Kaliwungu bersama dengan Kepala Desa H. Iskhon dan didampingi oleh dosen pendamping lapangan Aries Tika Damayani, M.Pd. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN diambil dari berbagai program studi, yaitu teknologi pangan, teknik mesin, pgsd, pg paud, BK, bahasa dan sastra Indonesia, pendidikan ekonomi, pendidikan biologi dan PJKR. Kegiatan KKN sendiri wajib dilaksanakan oleh semua mahasiswa karena merupakan bagian dari proses perkuliahan. Mahasiswa akan melaksanakan program KKN selama satu bulan dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat melalui Literasi Digital”. Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan terdiri dari 4 bidang yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kewirausahaan yang setiap bidang memiliki program kerja masing-masing.

Fokus pelaksanaan dalam kegiatan KKN yaitu kepada pemberdayaan masyarakat. Selain itu program KKN Upgris bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Ini merupakan program BKKBN dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Jadi tidak hanya terkait dengan pelaksanaan program KB saja.

Berhubungan dengan literasi digital dan UPPKS, salah satu program kegiatan dari Tim KKN Upgris di Desa Wonorejo yaitu “Pembuatan Produk Nugget Bandeng dan Sosialisasi Cara Pemasaran secara Online”. Dengan harapan dapat memanfaatkan ikan bandeng hasil tambak menjadi suatu produk olahan pangan dan dapat mengembangkan teknologi di masyarakat agar penjualan produk olahan meningkat dan banyak dikenal oleh masyarakat.

Seluruh kegiatan Tim KKN Upgris di Desa Wonorejo akan bekerjasama dengan warga masyarakat, unit kegiatan yang ada di desa seperti BUMDES, UPPKS, dan Ibu PKK dalam usaha meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

 

 

Tinggalkan Balasan