Digitalisasi C Desa telah di mulai, pekerjaan desa makin terbantu.

 

Kepala Desa Wonorejo, Iskhon  mengatakan, digitalisasi C Desa perlu dilakukan untuk membantu dalam memudahkan desa dalam melayani masyarakan dalam hal kepengurusan tanah dan bagi desa dalam mengikuti perkembangan jaman di era digital seperti sekarang ini.

“Pada prinsipnya, Desa Wonorejo untuk memajukan desa dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat sepatutnya mampu mengambil Inovasi Tekhnologi yang diperlukan desa agar menjadi desa yang lebih maju dan berkembang ,” ujar Kades Wonorejo saat membuka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Digitalisasi C Desa,  Senin, 4 Februari  2019.

Sejalan dengan tuntutan pelayanan melalui pemanfaatan tekonologi digital, Kades Wonorejo meminta, agar pelaksanaan digitalisasi C Desa agar dilaksanakan secara cermat dan teliti agar tidak ada kesalahan dan kekeliruan dalam memasukkan data-data. Selain itu beliau juga meminta  Perangkat Desa yang ada agar mau menggali  sumber daya di masyarakat yang  berpotensi dikembangkan menjadi peluang-peluang baru baik berbasis data maupun berbasis teknologi serapan, yang bisa menjadi solusi demi terwujudnya kemandirian dan ksejahteraan masyarakat yang lebih baik.

Digitalisasi C Desa ini di bantu oleh pihak ketiga yang telah membantu di banyak desa di Kabupaten Kendal.

Juni Prayitno selaku  CEO CV. DJ Indonesia yang menyediakan aplikasi C-Desa mengatakan bahwa digitalisais C-Desa akan sangat membantu dalam pelayanan masyarakat karena dapat mempercepat pencarian data pertanahan di desa sebelum di lakukan secara manual, sehingga performa Pemerintah Desa dalam pelayanan terutama di bidang pertanahan meningkat.

Pelaksanaan digitalisasi ini memerlukan waktu yang tidak begitu lama, di kisaran 20 hari, mengingat jumlah surat letter C di Desa Wonorejo tidak begitu banyak yaitu sekitar 1500an. “ Diharapkan pada akhir bulan ini (Februari-red) , digitalisasi C-Desa dapat diselesaikan”, ujar Juni.

 

 

Tinggalkan Balasan